Jumat, 06 Oktober 2017

Universitas Jendral Soedirman

Universitas Jenderal Soedirman 
atau lebih akrab disapa dengan UNSOED, adalah satu dari 92 perguruan tinggi negeri di bawah administrasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Berdiri pada 23 September 1963 melalui Keputusan Presiden RI No. 195 Tahun 1963, kampus yang terletak di Purwokerto. Ibukota Kabupaten Banyumas ini, secara historis didirikan sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat akan pendidikan tinggi di wilayah Karesidenan Banyumas (Kabupaten Banyumas, Cilacap, Purbalingga dan Banjarnegara) di mana pada tahun tersebut, hanya tersedia dua kampus negeri di wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, yakni di Yogyakarta dan Semarang. Karakter geografis, sumberdaya dan kultur di wilayah Karesidenan Banyumas, kemudian melahirkan kekhasan UNSOED sebagai universitas yang bercirikan perdesaan dengan senantiasa berpegang pada nilai-nilai kearifan lokal.
Untuk nama "Jenderal Soedirman" kampus ini mengambil dari seorang Panglima Besar yang merupakan Pahlawan Nasional kelahiran Banyumas tempat dimana universitas ini berdiri dan menjadi monumen hidup untuk mengenang jasa-jasanya pada nusa, bangsa dan negara. Pengabdian Jenderal Soedirman (1916-1950) sebagai nama almamater, adalah representasi dan aksentuasi bahwa beliau merupakan putra terbaik bangsa kelahiran tatar Banyumas. Kiprahnya yang luar biasa dalam Perang Kemerdekaan mendudukkan beliau sebagai satu-satunya orang dengan jabatan Panglima Besar dalam historiografi kemiliteran Indonesia hingga sekarang. Selain tersebut di atas, nama tersebut juga mencerminkan ikatan batin dengan TNI Angkatan Darat, karena sumbangsih institusi berseloka Kartika Eka Paksi ini tidak dapat dipungkiri turut mewarnai kehadiran kampus yang berada di kaki Gunung Slamet ini, melalui peranan Jenderal TNI Dr. AH NasutionLetjen TNI Gatot SubrotoLetjen TNI A Yani dan Mayjen TNI dr. Azis Saleh dalam mengkomunikasikan kehendak masyarakat Banyumas pada pemerintah pusat. Adalah sosok R. Soemardjito (Residen Banyumas), Letkol Soegiharto (Komandan Korem 071/Wijayakusuma), R. Soeroso, SH (Koordinator Kejaksaaan Karesidenan Banyumas), R. Kriharto (Inspektur Kepolisian Karesidenan Banyumas) dan Dr. HR Boenjamin, merupakan figur-figur yang bersama-sama seluruh masyarakat Banyumas bahu-membahu merealisasikan hadirnya suatu perguruan tinggi negeri.
Pada awal berdirinya, UNSOED terdiri dari 3 fakultas, yakni Pertanian, Biologi dan Ekonomi. Seiring dengan perkembangannya, UNSOED kemudian bertambah 5 fakultas lagi, yakni Peternakan (1966), Hukum (1981), Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (1985), Kedokteran dan Ilmu-ilmu Kesehatan (2007) dan Serta Sains dan Teknik (2007). Sejak 2010, UNSOED diperkuat dua lembaga baru, yakni Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) dan Lembaga Pengembangan Pembelajaran, Penjaminan Mutu dan Kerjasama (LP3K) di samping adanya Program Pascasarjana.
Sejak didirikannya, UNSOED telah dipimpin Sembilan rektor, yakni R. Soemardjito (1963-1965), Brigjen TNI RF. Soedardi, SH (1965-1974), Brigjen TNI Drs. Soedaman Hadisoetjipto (1974-1982), Prof. R. Djanuar (1982-1986), Prof. Roediro (1986-1992), Prof. Soebardi (1992-1996), Prof. Rubijanto Misman (1997-2005), Prof. Sudjarwo (2005-2010), Prof. Edy Yuwono (2010-2013) dan sejak 2013, amanah sebagai Rektor UNSOED disandang oleh Prof. Mas Yedi Sumaryadi.
Saat ini, UNSOED memiliki sejumlah lokasi kampus, yakni Kampus Grendeng (Rektorat, Kantor Pusat Administrasi, Fak. Hukum, Fak. Ekonomi, dan Fak. ISIP, Perpustakaan Pusat, LP3M, Auditorium, Masjid Kampus, Pusat Kesehatan Mahasiswa, UPT Percetakan, Gedung Pertemuan Soemardjito), Kampus Karangwangkal Sayap Timur (Fak. Pertanian, Fak. Biologi, Fak. Peternakan, Jurusan MIPA FST, Jurusan Ilmu Budaya FISIP, Lab. Riset Terpadu dan Experimental Farm), Kampus Karangwangkal Sayap Barat (Jurusan Teknologi Pertanian Fak. Pertanian, Jurusan Kedokteran Gigi/Farmasi/Keperawatan/Kesehatan Masyarakat/Ilmu Gizi FKIK, Jurusan Perikanan & Kelautan FST, Program Pascasarjana, Pusat Kegiatan Mahasiswa, LPPM, GOR Soesilo Soedarman, Asrama dan Rusun Mahasiswa dan RS Gigi dan Mulut Pendidikan), Kampus Margono (Jurusan Kedokteran FKIK), Kampus Kalibakal (Lab Kedokteran Gigi FKIK) dan Kampus Blater (Jurusan Teknik FST).
Visi
UNSOED dalam pengembangannya akan mewujudkan visi yang telah dirumuskan untuk diwujudkan pada tahun 2020 yaitu “UNSOED menjadi world class civic university yang unggul dalam penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni yang relevan dengan pengembangan sumberdaya perdesaan yang berkelanjutan, serta penggalian dan pemanfaatan kearifan lokal”
Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan guna menghasilkan lulusan yang bermoral, berwawasan kebhinekaan, memiliki kompetensi akademik yang memadai dan profesionalisme, keunggulan kompetitif, kemampuan kepemimpinan dan kewirausahaan yang berkeadilan sosial dan beradab, kemampuan memecahkan masalah, sertaberinovasi khususnya dalam pengembangan sumberdaya perdesaan dan kearifan lokal.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk pengembangan ilmu serta alih teknologi yang relevan dengan pengembangan sumberdaya perdesaan dan kearifan lokal.
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat yang berbasis hasil penelitian untuk pemberdayaan masyarakat perdesaan.
  4. Mengembangkan tata kelola universitas yang mandiri dengan menerapkan budaya dan penjaminan mutu, prinsip transparansi, akuntabilitas, sertameritokrasi.
  5. Mengembangkan kerjasama dalam pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni pada tingkat lokal, nasional, dan internasional.

Fakultas dan Program Studi
1. Fakultas Kedokteran dan Ilmu - ilmu Kesehatan (FKIK)
  1. S1 Kedokteran dan Profesi Dokter
  2. S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat
  3. S1 Ilmu Keperawatan
  4. S1 Farmasi
  5. S1 Kedokteran Gigi
  6. S1 Ilmu Gizi
  7. S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
2. Fakultas Sains dan Teknik (FST) MIPA
  1. S1 Kimia
  2. S1 Matematika
  3. S1 Fisika Teknik
  4. S1 Teknik Sipil
  5. S1 Teknik Elektro
  6. S1 Teknik Geologi
  7. S1 Teknik Informatika
  8. D3 Teknik Industri Perikanan dan Kelautan
  9. S1 Manajemen SumberDaya Perairan/MSP
  10. S1 Budidaya Perairan/BDP
  11. S1 Ilmu Kelautan/KLT
3. Fakultas Biologi (Fabio)
  1. S1 Biologi
  2. D3 Pengelolaan Sumber Daya Perikanan
4. Fakultas Peternakan (Fapet)
  1. S1 Peternakan
  2. D3 Produksi Ternak
5. Fakultas Pertanian (Faperta)
  1. S1 Agroteknologi
  2. S1 Agrobisnis
  3. S1 Teknik Pertanian
  4. S1 Teknologi Hasil Pertanian / Ilmu dan Teknologi Pangan
  5. D3 Agrobisnis
  6. D3 Perencanaan SumberDaya Lahan
6. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)
  1. S1 Akuntansi
  2. S1 Manajemen
  3. S1 Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan/IESP
  4. D3 Akuntansi
  5. D3 Kesekretariatan
  6. D3 Administrasi Keuangan
  7. D3 Bisnis Internasional / Manajemen Perdagangan
  8. S1 Pendidikan Ekonomi
7. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)
  1. S1 Sosiologi
  2. S1 Ilmu Administrasi Negara
  3. S1 Ilmu Komunikasi
  4. S1 Ilmu Politik
  5. S1 Hubungan Internasional Ilmu Budaya
  6. S1 Sastra Indonesia
  7. S1 Sastra Inggris
  8. D3 Bahasa Inggris
  9. D3 Bahasa Mandarin
  10. S1 Sastra Jepang
  11. S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
8. Fakultas Hukum (FH)
  1. S1 Ilmu Hukum


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

School Event

YAMAHA HIJABERS Hari ini, ahad 28 januari 2018 di sekolah MAN 3 Cirebon menyelenggarakan acara yang terangkum dalam beberapa perlombaan ...