Jumat, 06 Oktober 2017

Universitas Padjadjaran

Universitas Padjadjaran 
atau dikenal dengan singkatan UNPAD merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia. UNPAD berdiri pada 11 September 1957, dengan lokasi kampus di Bandung. Saat ini, UNPAD berstatus sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum. Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2014 tentang Penetapan UNPAD sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum ditandatangani Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, pada 17 Oktober 2014. Setelah itu, Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2015 tentang Statuta Universitas Padjadjaran ditandatangani Presiden RI, Joko Widodo, pada 22 Juli 2015.

PTN Badan Hukum ini tercantum dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 12 tentang Pendidikan Tinggi. Pada pasal 65 UU tersebut disebutkan, penyelenggaraan otonomi perguruan tinggi dapat diberikan secara selektif berdasarkan kinerja oleh Menteri kepada PTN. Bentuk otonomi yang dimaksud terdiri dari PTN yang menerapkan pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK BLU) atau PTN Badan Hukum. UNPAD telah melaksanakan otonomi PK BLU sejak 15 September 2008, dan kini memperoleh mandat untuk meningkatkan otonomi menjadi PTN Badan Hukum. Kepercayaan pemerintah memberikan mandat kepada UNPAD menjadi PTN Badan Hukum merupakan “buah” dari perjuangan panjang para pengelola UNPAD menjaga kualitas serta prestasi para mahasiswanya di tingkat nasional dan internasional.
Pada 16 Januari 2014, UNPAD memperoleh sertifikat akreditasi institusi perguruan tinggi “Terakreditasi dengan Peringkat A” dari Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi. Selain itu, UNPAD juga tercatat sebagai perguruan tinggi negeri dengan peminat terbanyak se-Indonesia di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTPN) pada tahun 2012, 2013, 2014, 2015, dan 2016. 
Visi, Misi dan Tujuan
Visi
”Menjadi Universitas Unggul dalam Penyelenggaraan Pendidikan Kelas Dunia Tahun 2026”
Misi:
  1. Menyelenggarakan pendidikan (pengajaran, penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, serta pengabdian kepada masyarakat), yang mampu memenuhi tuntutan masyarakat pengguna jasa pendidikan tinggi.
  2. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berdaya saing internasional dan relevan dengan tuntutan pengguna jasa pendidikan tinggi dalam memajukan perkembangan intelektual dan kesejahteraan masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengelolaan pendidikan yang profesional dan akuntabel untuk meningkatkan citra perguruan tinggi;
  4. Membentuk insan akademik yang menjunjung tinggi keluhuran budaya lokal dan budaya nasional dalam keragaman budaya dunia.
Tujuan
  1. Tercapainya peningkatan pemerataan dan perluasan akses masyarakat dalam memperoleh pendidikan tinggi.
  2. Teraihnya keunggulan institusi dan program studi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan seni.
  3. Terbangunnya iklim akademik yang kondusif bagi penyelenggaraan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  4. Terkembangkannya dan terintegrasikannya pemanfaatan teknologi informasi dalam peningkatan kualitas pelayanan sesuai dengan tuntutan publik.
  5. Terkembangkannya kerja sama dengan berbagai pihak penyelenggaraan pendidikan.
  6. Terkembangnya tata kelola yang akuntabel dan sesuai dengan perundang-undangan.
  7. Tersusunnya sistem pengelolaan keuangan yang terintegrasi serta teraihnya sumberdaya finansial mandiri untuk tercapainya stabilitas penyelenggaraan pendidikan.
  8. Terkembangkannya citra diri unggul berdasarkan tradisi luhur dan keunggulan kinerja
  9. Terbentuknya UNPAD pusat kebudayaan dengan kekhasan budaya Sunda untuk meraih daya saing internasional.
Kampus
UNPAD memiliki dua kampus utma yaitu Kampus Iwa Koesoemasoemantri di Jl. Dipati Ukur, Bandung dan Kampus Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Selain dua kampus tersebut, terdapat pula beberapa kampus yang tersebar di beberapa lokasi di area Kota Bandung antara lain Sekeloa, Singaperbangsa, Dago 4, Simpang Dago, Dago Atas, Dago Pojok, Banda, Cimadiri, Cisangkuy, Eikman, Pasirkaliki, Teuku Umar, dan beberapa tempat lainnya yang dimanfaatkan oleh beberapa unit di UNPAD.

Fakultas dan Program Studi
Saat ini, UNPAD telah memiliki 16 fakultas dengan program yang ditawarkan UNPAD meliputi program doktor (S-3) terdiri dari 17 program studi, program magister (S-2) terdiri dari 35 program studi, 2 program spesialis, 5 program profesi, dan program sarjana (S-1) terdiri dari 44 program studi, program diploma III (D-3) terdiri atas 32 program studi dan program diploma IV (D-4) terdiri atas 1 program studi.

1. Fakultas Hukum
- Ilmu Hukum
2. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
- Ekonomi Pembangunan
- Manajemen
- Akuntansi
3. Fakultas Kedokteran
- Pendidikan Dokter
4. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
- Geofisika
- Matematika
- Fisika
- Biologi
- Kimia
- Statistika
- Teknik Informatika
5. Fakultas Pertanian
- Agribisnis
- Agroteknologi
6. Fakultas Kedokteran Gigi
- Pendidikan Dokter Gigi
7. Fakultas Ilmu Budaya
- Sastra Indonesia
- Sastra Inggris
- Sastra Arab
- Sastra Jepang
- Sastra Perancis
- Sastra Jerman
- Sastra Rusia
- Sastra Sunda
- Ilmu Sejarah
8. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
- Ilmu Administrasi Negara
- Ilmu Hubungan Internasional
- Ilmu Kesejahteraan Sosial
- Ilmu Pemerintahan
- Antropologi
- Ilmu Administrasi Bisnis
- Sosiologi
- Ilmu Politik
9. Fakultas Psikologi
- Psikologi
10. Fakultas Ilmu Komunikasi
- Ilmu Komunikasi
- Ilmu Perpustakaan
- Hubungan Masyarakat
11. Fakultas Keperawatan
- Ilmu Keperawatan
12. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
- Ilmu Kelautan
- Perikanan
13. Fakultas Teknologi Industri Pertanian
- Teknik Pertanian
- Teknologi Pangan
14. Fakultas Farmasi
- Farmasi
15. Fakultas Teknik Geologi
- Teknik Geologi
16. Fakultas Peternakan
- Peternakan




1 komentar:

  1. The Venetian Las Vegas - MapYRO
    The Venetian Las Vegas, situated in 김해 출장안마 Las Vegas at 5555 South Las Vegas Blvd. South, Address: 여주 출장안마 1 영주 출장안마 North Las Vegas Blvd, 문경 출장안마 Las Vegas, NV 당진 출장샵 89109,

    BalasHapus

School Event

YAMAHA HIJABERS Hari ini, ahad 28 januari 2018 di sekolah MAN 3 Cirebon menyelenggarakan acara yang terangkum dalam beberapa perlombaan ...