Jumat, 18 Agustus 2017

Layan Bimbingan Karir


Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.....

Postingan saya kali ini adalah tentang layanan bimbingan karir, karir adalah hal yang penting untuk dipersiapkan. Bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) yang masih bingung dengan rencana karirnya di masa mendatang khususnya bagi siswa-siswi MAN 3 Cirebon bisa kalian cari mulai dari sekarang dengan cara:

  1. Kenali diri sendiri secara mendalam. Maksudnya adalah kamu harus berkenalan dengan dirimu sendiri, hal apa yang kamu sukai, hal apa yang kamu kuasai, dan seberapa besar motivasi yang kamu miliki.
  2. Jika kamu merasa kesulitan dalam mengenal dirimu sendiri cobalah tanya kepada orang terdekatmu yang mengenal mu selain dirimu sendiri, tanyakan padanya hal yang ingin kamu ketahui tentang dirimu. Tetapi ingat  apa yang orang lain ketahui tentang dirimu tidak akan sebaik apa yang kamu ketahui tentang dirimu sendiri, karena mereka hanya bisa melihat dirimu dari satu bagian saja, apalagi soal hati dan pikiranmu sendiri yang mengetahuinya hanyalah dirimu seorang. 
  3. Jika kamu masih kesulitan dalam mengenal dirimu sendiri datangilah konselor di sekolahmu (guru BK di sekolahmu ) dan katakan kepadanya kesulitanmu dalam mengenal diri, maka kamu akan mendapatkan beberapa pertanyaan, dari pertanyaan tersebut konselor dapat membantu kamu dalam mengenal diri. Ketika konselor memberikanmu pertanyaan sebisa mungkin kamu harus menjawab dengan baik, jawablah setiap pertanyaan dengan jawaban yang paling sesuai dengan yang kamu alami/rasakan, hal tersebut dapat membantu akurasi (ketepatan) analisa konselor tentang dirimu.
  4. Langkah selanjutnya adalah tanyakan kepada konselor dengan kepribadian yang kamu miliki perencanaan karir seperti apa yang harus kamu rancang agar sesuai dengan kepribadianmu.
  5. Setelah kamu bertemu dengan konselor sekolahmu maka konselor sekolah akan memberikanmu lagi sebuah pertanyaan dalam bentuk angket untuk mengetahui bakat dan minat mu, tes tersebut akan sangat membantumu dalam merencanakan karir. Mulai dari menentukan jurusan kuliah sampai bidang pekerjaan yang cocok denganmu.

Kamu juga bisa langsung mengunjungi web yang menyediakan tes online seperti tes minat dan bakat yang dibuat oleh Youthmanual. Ikuti setiap langkah yang diarahkan di sini. atau juga kamu bisa mengunjungi link tes bakat dan minat dari TesBakatIndonesia.
Semoga Bermanfaat
dan Semoga Sukses Selalu

BK MAN 3 Cirebon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

School Event

YAMAHA HIJABERS Hari ini, ahad 28 januari 2018 di sekolah MAN 3 Cirebon menyelenggarakan acara yang terangkum dalam beberapa perlombaan ...